Media Monitoring Penting Nggak Sih?
Media monitoring atau pemantauan media bagi Praktisi Public Relation sangat tidak asing lagi. Bahkan seperti makanan sehari-hari untuk disimak dan ditelaah lebih jauh.
Pesatnya perkembangan teknologi dan semakin luasnya akses informasi melalui internet saat ini membuat pencarian artikel tidak hanya dilakuakan secara manual, sekarang ada banyak alat pemantauan media sosial dan layanan pemantauan media yang tersedia. Tentunya hal ini dapat membantu untuk tetap up-to-date dengan tren terbaru.
Media Monitoring merupakan sebuah proses pemindaian informasi publik di berbagai media massa baik offline maupun online media, hal ini membuat perusahaan dapat tetap mengikuti apa yang dikatakan tentang organisasi, perusahaan, merek, tren industri, dan topik menarik lainnya.
Lantas mengapa media monitoring begitu penting? Yuk kita simak penjelasan manfaat dari Media Monitoring di bawah ini :
Untuk Manajemen PR dan Reputasi
Identitas merek yang kuat adalah aset berharga dalam masyarakat yang penuh informasi saat ini yang dipenuhi dengan merek yang bersaing untuk mendapatkan perhatian. Pemantauan media membantu Anda melihat pendapat orang tentang merek Anda. Apakah mereka sadar bahwa merek Anda ada? Apakah mereka mengerti tentang apa merek Anda? Pemantauan media memungkinkan Anda menemukan kesalahpahaman sehingga Anda dapat mengambil tindakan untuk memperbaikinya. Pemantauan media juga akan membantu Anda melihat adanya perangkap dalam komunikasi Anda. Pastikan nada suara merek Anda konsisten saat menerbitkan artikel blog atau posting media sosial. Dengan cara ini Anda memiliki peluang terkuat untuk terhubung dengan pelanggan target Anda.
Mengenali Industri dan Pesaing
Pemantauan media adalah cara sederhana untuk mengetahui tentang perkembangan terbaru di industri Anda: kenali tren masa depan dan prediksi kemungkinan lonjakan permintaan untuk produk dan layanan Anda. Saat Anda melihat apa yang akan terjadi, Anda dapat merencanakan strategi Anda terlebih dahulu dan segera mengambil tindakan saat waktunya tepat.
Pemantauan media juga memungkinkan Anda menemukan siapa pesaing Anda. Membandingkan apa yang dilakukan organisasi lain di industri Anda berguna dalam pekerjaan merek Anda sendiri. Belajar dari perusahaan atau organisasi yang Anda ikuti, bagaimana mereka menggunakan komunikasi untuk meningkatkan kesadaran tentang merek mereka.
Mengukur Efektivitas Komunikasi
Pemantauan media adalah alat strategis yang hebat untuk mengukur dan meningkatkan efektivitas komunikasi. Anda dapat dengan cermat mengikuti seberapa banyak perhatian media yang diterima tindakan Anda. Apakah Anda mencapai audiens target Anda? Apakah Anda mendapatkan reaksi yang Anda inginkan? Data pemantauan media berfungsi sebagai sumber yang dapat diandalkan untuk pengambilan keputusan.
Hal terbaik tentang alat pemantauan adalah kenyamanan. Dalam hal ini tools yang digunakan dapat mengumpulkan dan menganalisis data untuk Anda, menumpuk semua klik, dan mengirimkan laporan langsung ke email Anda pada waktu yang dipilih. Pemantauan media menghemat waktu Anda yang berharga dan memungkinkan Anda fokus pada pengembangan strategi dan perencanaan tindakan di masa depan.
Laporan dan analitik juga membantu meyakinkan manajemen perusahaan. Dengan data tersebut, Anda dapat menunjukkan bahwa PR Anda telah menguntungkan dan Anda telah mencapai hasil yang nyata.
Mendapatkan Customer Insights
Customer insights atau wawasan konsumen adalah interpretasi yang digunakan oleh bisnis untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang dipikirkan dan dirasakan audiens mereka. Ini memungkinkan perusahaan untuk lebih memahami apa yang sebenarnya diinginkan dan dibutuhkan pelanggan mereka dan mengapa mereka memikirkan hal ini.
Lembar contekan semacam ini bisa menjadi taktik yang sangat efektif untuk memahami mengapa orang memutuskan untuk mempercayai atau tidak merek Anda dan untuk menyesuaikan komunikasi dan pengembangan produk atau layanan Anda secara tepat dengan kebutuhan mereka.
Data yang diperoleh dari media monitoring ternyata dapat dimanfaatkan untuk berbagai tujuan apabila ditindaklanjuti dengan baik.
Media monitoring tidak hanya bertujuan untuk mengetahui exposure pemberitaan tentang instansi/korporasi di media. Lebih dari itu dapat bermanfaat sebagai mitigasi isu/krisis. Melalui media monitoring, instansi/korporasi dapat mengetahui perbincangan, gejala atau “serangan” isu sebelum menyebar lebih luas.
Ada dua manfaat penting dari keberadaan media monitoring. Sesuai namanya pemantauan dan media. Hubungannya dengan media adalah peristiwa yang sedang, ketika terjadi dan apa yang di inginkan terjadi. Sementara monitoring atau pemantauan bisa dimanfaatkan untuk banyak kepentingan. Kaitannya, untuk mengetahui apa yang akan terjadi ke depan.
Ketika melakukan pemantauan, ada 5W 1 H dalam setiap berita yang harus menjadi perhatian. What berkaitan dengan mengoleksi informasi apa saja yang terjadi. When, bagaimana perkembangannya dalam berbagai rentang. Where, di mana terjadinya. Who, siapa yang mengembangkan isu. Dan, how, bagaimana isu itu disajikan.
Sikap Ketika melihat laporan media monitoring jangan terbawa perasaan (baper. Karena ada kalanya hasil pemantauan media yang terkoleksi justru menunjukkan suara-suara bernada negatif. Sebaliknya, harus dilihat bahwa hal tersebut merupakan fakta media yang bisa memengaruhi persepsi publik.
Dari output tersebut, kita bisa meramu efek dari framing tersebut. Misalnya, kepala daerah diserang dengan isu pribadi. Respons dengan tenang, katakan bahwa peristiwa itu sudah ditangani dengan baik.
Saat ini masyarakat membutuhkan medium untuk mepersatukan opini. Sehingga, media tidak lepas dari isu publik atau hajat hidup orang banyak. Tombol like pada suatu berita/informasi juga bisa menjadi indikator untuk merepresentasikan framing. Sementara keberadaan share untuk mengetahui sesuatu yang sedang menjadi perhatian (concern) publik/warganet. (diola